iklan

Cara Mudah Mendapatkan Uang Di Clixsense

Selasa, 22 November 2011

KONTRUKSI BAN MOBIL

Bagian ban

1.    Tread
Tread adalah kulit luar dari ban berfungsi melindungi carcas dari keausan dan kerusakan lainnya. Tread yg berhubungan dengan jalan disebut crown.
Bagian samping ban disebut side wade dan daerah pertemuan dengan tread disebut shoudaer
Permukaan crown disebut pattern (batik ban) yg bentuknya bermacam-macam alur disebut grooue atau non skid soulder mempunyai bagian karet yang paling tebal dan terdapat grooue
2.    Breaker
Breaker ditempatkan diantara tread dan carcass berfungsi meredam goncangan sebagai tambahan untuk mencegah pemisahan dan mengurangi elasitastal selembar karet disisipkan antara carcass dan breaker yg berfungsi sebagai bantalan
3.    Bead
Bead digunakan pada carcas supaya tidak keluar dari ujung card. Karet bead terbuat dari baja dengan kadar karbon tinggi bagian yg berhubungan dengan pelek dan lebih dekat dengan pusat ban dinamakan bead toe
Flip per membungkus bead wire dan di dalam juga terdiri beaf tiler karet kertas berbentuk segitiga bagian yg berhubungan dengan  flange pelek disebut bead heil

Fungsi ban pada kendaraan bermotor

     Fungsi ban/roda pada kendaraan bermotor terdapat fungsi ban sebagai berikut:
·         Ban menopang seluruh berat kendaraan
·         Ban sebagai media yang kenyal antara jalan dengan kendaraan
·         Ban bersentuhan langsung dengan permukaan jalan dan memindahkan gerakan serta daya pengereman ke jalan
·         Ban mengadakan kontak ke jalan
·         Meredam kejutan yang diterima dari permukaan jalan yg tidak rata
·         Menyerap panas akibat gesekan dengan permukaan jalan

Pembagian ban menurut kontruksinya

Ban pada dasarnya struktur/kontruksinya ada 3 macam yaitu:
Ø  Struktur bias
Ban dengan struktur bias paling banyak dipakai. Dibuat dari banyak lembar card yg digunakan sebagai rangka (trame) ban. Card di cemin dengan card zig-zag membentuk sudut 40-65 derajad
Ø  Struktur radial
Carcas rod membentuk sudut 90 derajad terhadap keliling ban. Bila dilihat dari samping kontruksi card adalah dalam arah radial dan arah pusat ban dan bagian yang berhubungan dengan jalan diperkuat oleh sabuk yang disebutbreaker atau belted
Ø  Struktur belted bias
Seperti struktur bias tetapi di tambah belt atau sabuk yang dipasang keliling diluar carcass sehingga menambah kekerasan ban yang berhubungan langsung dengan jalan

 Tread pettern

Tread pettern disebut juga kembang ban/batik ban penggunaan tread pettern dimulai pada tahun 1892. Karena pada waktu itu kendaraan berkecepatan rendah
Sedangkan mobil sekarang bertenaga beasr dan kecepatannya tinggi
Tread pada awalnya ada 4 bagian yaitu:
§  Rib
§  Cug
§  Block
§  Rib lug

Jika anda ingin melihat selengkapnya bisa klik disini Download untuk mendapatkan filenya. semoga bermanfaat dan terima kasih!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar